Search This Blog

Tuesday, March 18, 2014

Kisah Andi 37 Tahun Merawat Makam Para Tokoh Bangsa

Kisah Andi, 37 Tahun Merawat Makam Para Tokoh Bangsa
Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Senin, 17/03/2014 10:52 WIB


Andi


Jakarta - Setiap yang hidup adalah pasti akan mati, dan biasanya yang hidup mengenang yang telah berpulang. Bukan sekadar menghormati jasa ketika hidup, melainkan pula menambal lubang-lubang yang belum sempat disulam oleh mereka.

Di makam Tanah Kusir, Jakarta Selatan terbaring pula para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Makam-makam itu nampak rapi meski telah meninggal bertahun-tahun lalu.

Rupa-rupanya makam-makam itu dirawat oleh Pak Andi (52) dan rekan-rekannya sesama perawat makam. Semenjak 37 tahun silam Pak Andi mengabdikan diri untuk para kusuma bangsa dan para pendahulu lainnya.



“Dulu belum sebanyak ini yang dimakamkan di sini, masih lapangan luas di sini. Tapi sekarang makin banyak. Tapi yang namanya penjaga makam ya kami gitu-gitu saja sih, nggak ada perubahan,” tutur Pak Andi di samping salah satu makam pada Kamis (13/3/2014).

Penghasilan yang diterima Andi tidak menentu, bergantung pada kemurahan hati para ahli waris yang menitipkan orang-orang tercinta kepada dia. Setiap satu makam biasanya Pak Andi diupahi Rp 50.000 oleh ahli waris.

“Kalau saya biasanya mengurus 50 makam. Tapi tidak semuanya ngasih segitu, ada juga yang tidak ngasih. Saya sih ikhlas saja mengurus mereka, anggap saja sebagai ibadah,” kata dia.

Meski begitu Pak Andi mampu menyekolahkan ketiga anaknya hingga tamat SMK. Anak sulung dan yang kedua pun telah berkeluarga, sehingga beban Pak Andi tak terlalu berat saat ini.

Walaupun tidak sampai kuliah, tapi setidaknya anak-anak saya tidak ada yang putus sekolah. Untuk makan juga masih cukup buat keluarga di kampung,” ucap pria asal Karawang, Jawa Barat ini.

Pak Andi kemudian berkeliling makam untuk memastikan apakah semua makam telah dibersihkan. Sedikit saja daun kering jatuh ke makam, Pak Andi langsung memungutnya sehingga nampak bersih.

Di pemakaman Tanah Kusir ini, beberapa jasad yang terbaring adalah para tokoh yang membagun bangsa. Di antaranya adalah Bung Hatta dan Ali Sadikin.

Sumber: http://news.detik.com/pemilu2014/read/2014/03/17/105237/2527654/1567/2/kisah-andi-37-tahun-merawat-makam-para-tokoh-bangsa

No comments:

Post a Comment